Resume Buku : Menjadi Guru Profesional



Identitas buku
Judul                           : Menjadi Guru Profesional
No. ISBN                     : 979-514-003-5
Penulis                         : Drs. Moch. Uzer Usman
Penerbit                       : PT Renaja Rosdakarya
Tanggal terbit               : Februari 2013
Kategori                      : Inspirasional
Text bahasa                  : Indonesia
Ulasan bab
Guru adalah figur sentral dalam dunia pendidikan, khususnya saat terjadinya proses interaksi belajar mengajar. Oleh karenanya guru harus memiliki karakteristik kepribadian yang ideal sesuai dengan persyaratan yang bersifat psikologis pedagogis. Konon, pada zaman dulu posisi guru disejajarkan dengan para priayi yang selalu duduk di deretan ulama dalam berbagai upacara. Di dalam buku ini terdapat 8 sub bab, masing masing bab mengulas tentang guru profesional. Buku ini sangat bagus untuk mengispirasikan bagi calon guru maupun yang sudah menjadi guru. Ulasan buku ini juga terdapat bab tentang mengulas kurikulum. Tidak hanya itu, setiap ada format untuk bahan mengajar, buku ini memberikan contoh untuk format tersebut, sehingga memudahkan bagi pemula. 



Kelebihan
Buku ini menyajikan cara-cara menjadi guru profesional. Cara-cara tersebut mudah di praktekkan langsung oleh setiap pemula. Di dalam buku ini dianggap dapat memberikan inspirasi serta semangat hidup bagi pembacanya. Selain itu buku ini juga contoh contoh format bahan mengajar guru.
Kekurangan
Dalam buku ini hanya memberikan cara-cara sebagian kecil dan tidak menggambarkan situasi Real. Sampul buku kurang menarik. Meski demikian buku ini layak dibaca sebagai pemula guru.
Pesan Moral
Apapun profesi yang kita jalani, apabila sesuai dengan passion yang kita miliki, kita dapat menikmatinya pada akhirnya profesi apa pun yang kita jalani atau berapa pun jumlah profesi yang kita jalani, yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai profesi tersebut membuat kita menampilkan potensi maksimal yang kita miliki. keterbatasan fisik maupun skill tidak membatasi aksesibilitas terhadap dunia pendidikan.
Kesimpulan
Melalui bab ini kita bisa terinspirasi dan termotivasi untuk mempraktekkan cara-cara yang sudah dijelaskan. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tujuan agar pembaca tetap menciptakan ide ide kreatifnya itu sebagai metode untuk membantu antara sesama manusia, dalam dunia pendidikan.  Menyadarkan kita betapa pentingnya arti pendidikan  dalam kehidupan juga mengajarkan kita untuk tetap berusaha dan berdoa di setiap kesempatan yang ada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resume Buku : Menjadi Guru Profesional "

Post a Comment