Kedudukan dan Peran Guru Sebagai Inovator



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan pokok utama dalam membentuk pribadi manusia. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang bisa membuat para peserta didik selalu tertarik dan ingin belajar tanpa adanya paksaan. Pendidikan yang monoton hanya akan membuat siswa-siswi merasa bosan dan enggan untuk belajar. Tidak heran jika dikelas banyak siswa yang seolah mendengarkan dan memperhatikan tapi pikirannya tidak focus terhadap materi yang disampaikan oleh guru.  Untuk sebab itu, sebagai seorang guru sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya menciptakan inovasi pendidikan yang bisa membuat siswa-siswi merasa senang, nyaman, dan mudah dalam mencerna dan memahami setiap materi yang disampaiakan.
 
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Inovasi Pendidikan
Menurut kamus besar pendidikan bahasa Indonesia inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
Sedangkan menurut Ibrahim (1998) dalam area baca.com inovasi pendidikan adalah inovasi yang berfungsi untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan. Artinya inovasi pendidikan adalah segala sesuatu yang baru ditemukan baik itu metode, ide atau hal-hal lain yang bisa membantu memecahkan masalah pendidikan.
B.     Guru dalam menciptakan inovasi pendidikan
Secara umum banyak segali tugas seorang guru yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugasnya disekolah. Namun peranan yang paling pokok menjadi seorang guru menurut Zanti arbi dalam Wordpress.com adalah mendidik, mengajar dan melatih.
Mendidik artinya adalah memberikan kepada anak agar potensi yang dimiliki anak dapat berkembang seoptimal mungkin. Karena tugas guru selain menyampaiakn ilmu pengetahuan, juga membantu anak dalam membentuk perkembangan seluruh aspek kepribadian agar menjadi manusia yang tumbuh secara dewasa.
Mengajar berarti memberikan pengajaran dalam bentuk penyampaian pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomoto) pada diri anak agar dapat menguasai dan mengembangkan ilmu dan teknologi. Guru sebagai pengajar lebih menekankan pada proses merencanakan, melaksanakan dan menilai hasilnya.
Melatih adalah lebih ditekankan pada tujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan anak atau peserta didik.
Supaya tugas seorang guru seperti mendidik, mengajar dan melatih bisa diterapkan dan dilaksanakan dengan optimal, sebagai seorang guru harus bersikap terbuka dan peka dengan perubahan (inovasi). Ada beberapa tahapan yang dilakukan guru dalam inovasi pendidikan.
1.      Invention (penemuan) adalah menemukan atau menciptakan hal-hal baru yang bisa menunjang pendidikan untuk lebih baik. Dalam hal ini seorang guru harus mencari masalah-masalah apa yang menjadi kendala siswa-siwi dalam memahami materi yang disampaiakan. Setelah itu seorang guru harus merumuskan masalah yang sudah ditemukan dan menganalisisnya lebih tajam.
2.      Development (pengembangan) adalah sarana alternative dalam memecahkan masalah, seprti melakukan percobaan dan penelitian terhadap metode-metode pengajaran. Apakah metode yang digunakan itu bisa membantu siswa lebih mudah dalam memahami atau tidak?.
3.      Diffusion (penyebaran) yaitu mencakup penyebaran ide-ide jika pembaharuan atau inovasi yang ditemukan telah terbukti memberikan dampak positif dalam kemajuan pendidikan.
Dalam inovasi pendidikan seorang guru dituntut agar selalu mencoba, mengubah, mengembangkan dan meningkatkan gaya mengajarnya supaya melahirkan model pengajaran yang sesuai dan pas dengan peserta didik.
 

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Inovasi pendidikan adalah segala sesuatu atau hal-hal yang baru ditemukan.
2.      Ada tiga tahapan-tahapan yang dilakukan guru dalam inovasi pendidikan. Yaitu:
-Invention (penemuan)
-Development (pengembangan)
-Diffusion (penyebaran) 

Judul : Kedudukan dan Peran Guru Sebagai Inovator
Penulis : Daimmatul Nikmah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedudukan dan Peran Guru Sebagai Inovator"

Post a Comment