Peran Teknologi Pendidikan dan Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Pendidikan

Peran Teknologi Pendidikan dan Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Pendidikan.* -- Pendidikan merupakan aspek utama dalam pengembangan diri manusia, sebagai jembatan dalam memperoleh ilmu pengetahuan, pada era modern sekarang ini dengan berbagai fasilitas yang memudahkan akses informasi, maka perlu kiranya pendidikan diformulasi untuk menyesuaikan tuntutan zaman, sehingga pendidikan sesuai dengan kebutuhannya.
Dalam UU no 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, diungkapkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.[1]
Aktivitas dalam pendidikan dapat dilihat dari tiga alternatif, yaitu unsur dasar pendidikan, komponen pokok pendidikan dan makna pendidikan.[2] Suatu aktivitas dapat disebut pendidikan apabila didalamnya terdapat lima unsur dasar pendidikan, yaitu yang memberi (pendidik), yang menerima (subjek didik), tujuan baik, cara atau jalan baik, dan konteks positif.[3]
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menjadi salah satu faktor penyebab perubahan paradigma di dalam kegiatan pembelajaran. kegiatan pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru (teacher centre learning) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centre learning).
Untuk mencapai tujuan pendidikan memerlukan berbagai alat dan metode, istilah alat disini disebut dengan media pendidikan. Menurut Roestiyah Nk. Dkk mendefinisikan media sebagai alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka meningkatkan efektivitas komunikasi dan interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah.[4]
Dengan menggunakan media diharapkan akan dapat mempermudah siswa dalam menerima ilmu pengetahuan secara efektif dan efisien. Pembelajaran akan lebih mudah dipahami dengan adanya media pembelajaran, dan belajar lebih hidup alias tidak monoton.
Keberadaan media bukan satu-satunya komponen yang menjamin keberhasilan suatu proses kegiatan pembelajaran. Namun tanpa adanya media yang mendukung, kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan maksimal.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga juga menyediakan berbagai macam media pembelajaran baik yang bersifat online maupun offline, yang dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik dan kreatif.
Potensi pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran sangatlah berpengaruh pada sistem pendidikan, penggunaan media pembelajaran yang menarik akan menumbuhkan kreatifitas siswa dan pemahaman siswa, menciptakan suasana kelas agar tidak terkesan monoton serta tidak ketinggalan akan perkembangan teknologi yang ada.


*Nurul Fajri Muthoharoh. PAI. Universitas Muhammadiyah Surabaya

[1] Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 2 pasal 3.
[2] Noeng Muhadjir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2003), 1.
[3] Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2011),105.
[4] Zakiyah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014), 80.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Teknologi Pendidikan dan Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Pendidikan"

Post a Comment