PERAN GURU SEBAGAI PENDORONG KREATIFITAS

PERAN GURU SEBAGAI PENDORONG KREATIFITAS

Oleh : Anggrayu Kurnia S.
PAI Universitas Muhammadiyah Surabaya

Pendahuluan
Guru adalah seseorang yang menjadi figure dan panutan yang baik untuk peserta didik, atau bisa dikatakan bahwa guru adalah ibu kedua di sekolah, karena dengan adanya guru , kepribadian peserta didik dibentuk, sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan bertanggung jawab. Jadi dalam artian sempit, Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Tetapi dalam arti luas, arti dari Guru tidak hanya di pendidikan formal seperti sekolah saja, karena figure guru bisa juga bisa dilaksanakan di pendidikan non formal seperti masjid, mushola, rumah dan sebagainya.
Guru harus bisa memerankan perannya masing-masing, selain mendidik peserta didik, guru juga harus mempunyai kreatifitas tersendiri agar peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan. Karena dengan kekreatifitasan seorang guru maka akan tercipta pembelajaran yang menyenangkan.

Pengertian dari Guru
Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Secara tradisional guru adalah seorang yang berdiri didepan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan.
Guru sebagai pendidik dan pengajar anak, guru diibaratkan seperti ibu kedua yang mengajarkan berbagai macam hal yang baru dan sebagai fasilitator anak supaya  dapat belajar dan mengembangkan potensi dasar dan kemampuannya secara optimal,hanya saja ruang lingkupnya guru berbeda, guru mendidik dan mengajar di sekolah negeri ataupun swasta.
Guru adalah figur seorang pemimpin, yang membentuk jiwa dan watak anak didik, guru mempunyai kekuasaan untuk membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Guru bertugas mempersiapkan manusia yang cakap yang dapat diharapkan membangun dirinya dan membangun bangsa dan Negara. 

Adapun pengertian guru menurut para ahli:
  1. Menurut Noor Jamaluddin (1978: 1) Guru adalah pendidik, yaitu orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaannya, mampu berdiri sendiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang sanggup berdiri sendiri.
  2. Menurut Peraturan Pemerintah Guru adalah jabatan fungsional, yaitu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang PNS dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan keahlian atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.
  3. Menurut Keputusan Men.Pan  Guru adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, wewenang dan tanggung jawab oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pendidikan di sekolah.
  4. Menurut Undang-undang No. 14 tahun 2005 Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Pengertian Kreatifitas Guru
Kreatifitas guru dalam proses pembelajaran sangat penting karena menentukan daya tangkap siswa sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. 
Kreatifitas guru dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Menurut Moreno (2010,1)
Yang penting dalam kreatifitas itu bukanlah penemuan sesuatu yang belum pernah diketahui orang sebelumnya, melainkan bahwa produk kreativitas itu merupakan sesuatu yang baru bagi diri sendiri dan tidak harus merupakan sesuatu yang baru bagi orang lain atau dunia pada umumnya, misalnya seorang guru menciptakan metode mengajar dengan diskusi yang belum pernah ia pakai.
Menurut Cece Wijaya (2010,2): “Kreativitas adalah sebagai kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru, baik yang benar-benar baru sama sekali maupun yang merupakan modifikasi  atau perubahan dengan mengembangkan  hal-hal yang sudah ada.

Peran Guru Sebagai Pendorong Kreatifitas
Kreatifitas merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, dan guru dituntut untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan proses kreatifitas tersebut. Kreatifitas ditandai oleh adanya kegiatan menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada menjadi ada dan tidak dilakukan oleh seseorang atau adanya kecendrungan untuk menciptakan sesuatu. Dengan adanya fungsi guru sebagai pendorong kreatifitas , guru senantiasa berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik dalam melayani peserta didik, sehingga peserta didik akan menilainya sebagai guru yang kreatif. Kreatifitas menunjukkan bahwa apa yang dikerjakan oleh guru sekarang lebih baik dari yang telah dikerjakan sebelumnya. Guru sebagai pendorong kreatifitas menganggap dirinya sebagai motivator yang berada di pusat proses pendidikan.

Penutup
Guru adalah seseorang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya dan bertanggung jawab untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi anak didiknya agar bermanfaat dimasa yang akan datang. Kreatifitas merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, dan guru dituntut untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan proses kreatifitas tersebut. Guru harus mempunyai kekreatifitasan dalam dirinya, dan menggunakan kreatifitas dalam pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERAN GURU SEBAGAI PENDORONG KREATIFITAS"

Post a Comment