Pentingnya Upacara Bendera Dalam Pembentukan Karakter

Pentingnya Upacara Bendera Dalam Pembentukan Karakter -- Di tahun pelajaran ini, menteri pendidikan dan kebudayaan,  menginstruksikan kepada seluruh murid yang ada di Indonesia  agar ikut dalam upacara bendera, entah itu di sekolah swasta maupun di sekolah negeri. Hal itu desebabkan banyak sekolah swasta yang tidak mengadakan upacara bendera. Padahal manfaat yang didapat dalam upacara bendera sangat banyak sekali. Contohnya menumbuhkan sifat kepemimpinan,  untuk mengomunikasikan  antara siswa dan kepala sekolah terkait dengan kegiatan yang akan berlangsung selama satu minggu yang akan datang, dan melatih rasa kebersamaan antara siswa, terutama saat  giliran kelas mereka ditunjuk  menjadi petugas upacara, entah itu posisi pengibar bendera, paduan suara dan lain lain.

Itulah beberapa manfaat dari upacara bendera, kemudian, kami akan memberikan penjelasan hal – hal lain dari upacara bendera yang telah dilakukan oleh beberapa sekolah, dari era kemerdekaan, sampai era saat ini.

Ketika kita berada di bangku sekolah, dari mulai duduk di jenjang  sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, berapa kali kita telah mengikuti kegiatan upacara bendera? Apakah lebih dari seratus kali atau seribu kali! Namun apakah makna dan arti upacara bendera telah membekas di jiwa kita, hingga terbawa di usia dewasa nanti?

Sebenarnya, kegiatan upacara bendera yang diadakan di sekolah dalam rangka menghargai dan megenang jasa para pahlawan dalam perjuangannaya yang berkorban baik itu jiwa dan raga bagi kemerdekaan Indonesia. Tanpa perjuangan para pahlawan, kita tak dapat mengalami masa kemerdekaan seperti saat sekarang ini. Di era penjajahan, kemerdekaan merupakan sesuatu yang diidamkan oleh seluruh rakyat Indonesia, sehingga seluruh  pahlawan, yang berada di setiap daerqah, berjuang sampai titik darah penghabisan agar  mendapatkan kemerdekaan dan terbebas dari kolonialisme.

Apabila kita memperhatikan saat upacara bendera, ada satu bagian untuk mengenang jasa para pahlawan, yaitu acara mengheningkan cipta dengan diiringi lagu mengheningkan cipta. Di lagu mengheningkan cipta  ada ungkapan  penghormatan kepada pahlawan – pahlawan yang telah berjuang memertaruhkan jiwa dan raga untuk bangsa Indonesia.  Tak hanya rakyat Indonesia saja yang dipikirkan oleh para pahlawan melainkan seluruh tanah air yang ditempati yaitu tanah air Indonesia. Sangat tepat apabila upacara bendera harus ada di setiap sekolah agar para generasi bangsa dapat mengingat kembali jasa perjuangan para pahlawan dan dapat menurskan cita cita para pendiri bangsa.

Oleh : Nahariyha Dewiwiddie

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Upacara Bendera Dalam Pembentukan Karakter"

Post a Comment