Unsur - unsur yang ada dalam kebudayaan

Unsur-unsur kebudayaan
Kluckhohn dalam karyanya yang berjudul Universal Categories of Culture, menyebutkan ada 7 unsur unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universals, yaitu :
  1. Unsur kebudayaan yaitu Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi dan sebagainya).
  2. Unsur kebudayaan yaitu Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan sebagainya).
  3. Unsur Kebudayaan yaitu sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, sistem hukum, organisasi politik, sistem perkawinan).
  4. Unsur kebudayaan yaitu bahasa (lisan maupun tertulis).
  5. Unsur kebudayaan yaitu kesenian (seni rupa, seni suara, seni gerak dan lain sebagainya).
  6. Unsur kebudayaan yaitu sistem pengetahuan. Sistem pengetahuan yang dimiliki manusia sebagai makhluk social merupakan suatu akumulasi dari perjalanan hidupnya dalam hal berusaha memahami :  Alam sekitar, Alam flora di daerah tempat tinggal; Alam fauna di daerah tempat tinggal; Zat-zat bahan mentah, dan benda-benda dalam lingkungannya; Tubuh manusia; Sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia; Ruang dan waktu
  7. Unsur kebudayaan yang terakhir yaitu Religi (sistem kepercayaan).




Pada dasarnya, manusia yang memiliki naluri untuk menghambakan diri kepada yang Mahatinggi, yaitu dimensi lain di luar diri dan lingkungannya, yang dianggap mampu mengendalikan hidup manusia.

Beberapa macam unsur unsur kebudayaan dipergunakan untuk kepentingan ilmiah dan analisisnya diklasifikasikan ke dalam unsur unsur kebudayaan yang pokok atau besar. Ini menunjukkan bahwa unsur unsur kebudayaan tersebut bersifat universal, yang berarti bahwa dapat dijumpai pada setiap kebudayaan yang ada dimanapun.

Penulis : Mifta Hulaikah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsur - unsur yang ada dalam kebudayaan"

Post a Comment