Karakteristik Pembelajaran Kooperatif

Karakteristik Pembelajaran Kooperatif -  Pembelajaran kooperatif bergantung pada kelompok-kelompok kecil si pebelajar. Meskipun isi dan petunjuk yang diberikan oleh pengajar mencirikan bagian dari pengajaran, namun  pembelajaran  kooperatif  secara  berhati-hati menggabungkan  kelompok-kelompok  kecil sehingga  anggotanya dapat bekerja bersama-sama untuk memaksimalkan pembelajarannya. Masing-masing anggota kelompok bertanggungjawab  untuk mempelajari apa yang disajikan dan membantu teman anggotanya  untuk belajar. Ketika kerjasama ini berlangsung, tim menciptakan atmosfir pencapaian, dan selanjutnya pembelajaran ditingkatkan (Medsker &Holdsworth, 2001:.287). 

Cooperative Learning mengacu pada metode pengajaran dimana siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil saling membantu dalam  belajar. Kebanyakan melibatkan siswa dalam kelompok yang terdiri dari 4 (empat) siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda (Slavin, 1995), dan ada yang  menggunakan  ukuran  kelompok  yang  berbeda-beda  ( Johnson&  Johnson, 1994; Kagan, 1992). 


Terdapat lima komponen dalam pembelajaran kooperatif sebagaimana dikemukakan oleh Roger & Johnson (Thousand et al., 1994: 4), yakni:
  1. Clearly perceived positive interdependence. Adanya penerimaan yang jelas dari anggota tim akan saling ketergantungan yang positif satu sama lainnya.
  2. Considerable promotive (face-to-face) interaction. Adanya interaksi tatap muka antar anggota tim.
  3. Clearly perceived individual accountability and personal responsibility to achieve the group’s goals. Adanya penerimaan pertanggungjawaban individual dan personal untuk mencapai tujuan tim.
  4. Frequent use of the relevant interpersonal and small-group skills. Acapkali menggunakan komunikasi interpersonal yang sesuai dan keterampilan-keterampilan kelompok kecil.
  5. Frequent and regular group processing of current functioning to improve the group’s future effectiveness. Acapkali mengfungsikan pemberdayaan proses kelompok untuk meningkatkan efektivitas masa depan kelompok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Pembelajaran Kooperatif"

Post a Comment