Tipologi Lembaga Pendidikan Islam. Bagian 1

Pendahuluan
Dalam konteks perjalanan umat Islam, sejak pertama kali agama Islam disampaikan oleh Nabi Muhammad saw. kepada umat manusia merupakan agama yang menekankan arti pentingnya ilmu pengetahuan, baik secara teoritis maupun aplikatif. Secara normatif, Alquran dan hadis tidak hanya menegaskan pentingnya pencarian ilmu pengetahuan dalam rangka meraih prestasi kehidupan duniawi dan ukhrawi, tetapi juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap orang-orang yang mengamalkan ilmu pengetahuannya untuk kemaslahatan manusia. Pesan moral keagamaan ini nampak dengan jelas pada surat pertama Alquran yang diturunkan kepada Rasulullah saw. yang memerintahkan kepada manusia untuk mencari ilmu pengetahuan seluas-luasnya melalui kegiatan membaca. Secara praktis, umat Islam telah mengimplementasikan perintah iqra’ tersebut dalam bentuk pendidikan Islam sejak masa Rasulullah saw. sampai dewasa ini. Dalam proses perkembangan pendidikan Islam, umat Islam pernah mencapai kemajuan keilmuan dan budaya, yakni pada masa pemerintahan dinasti Abbasiyah tahun 750-1258 M (Akbar S. Ahmed, 1999: 44). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendidikan Islam memiliki perjalanan historis yang cukup panjang. Dalam pengertian yang lebih luas, pendidikan Islam berkembang seiring dengan muncul agama Islam itu sendiri. Bagi masyarakat Arab, kedatangan Islam telah membawa perubahan mendasar pada budaya dan peradaban mereka dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Dari catatan tentang peradaban bangsa Arab ditemukan bahwa masyarakat Arab pra Islam kurang memperhatikan pendidikan, hal ini terbukti dengan minimnya jumlah orang Arab yang mampu membaca dan menulis (Muhammad Atiyyah al-Abrasyi, 1964: 6). 

Terkait dengan kajian ini, penulis mencoba mengeksplorasi akar kemunculan dan perkembangan pendidikan Islam yang terfokus pada tipologi institusi pendidikan Islam sejak masa Rasulullah saw. sampai masa dinasti Abbasiyah dengan kemunculan madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam Par-Excellence dan pembatas antara sistem pendidikan Islam sebelum dan sesudahnya. Transformasi Tradisi Keilmuan dalam Islam yakni Melacak Awal Kemunculan Pendidikan Islam Adalah menjadi konsensus yang tidak terbantahkan bagi umat Islam bahwa akar kemunculan pendidikan dalam Islam dimulai sejak masa Rasulullah saw.. Pendidikan Islam, dalam pengertian umum, dapat dikatakan muncul dan berkembang seiring dengan kemunculan Islam itu sendiri, yakni berawal dari pendidikan yang bersifat informal berupa dakwah Islamiyah untuk menyebarkan misi ajaran Islam, yang pada mulanya lebih berorientasi pada penanaman pokok-pokok keyakinan (akidah) dan ibadah pada umat Islam. Dengan demikian, esensi pendidikan Islam yang dirintis oleh Rasulullah saw., baik pada periode Makkah maupun Madinah adalah dalam rangka mendukung dan memperkokoh posisi agama yang disebarkannya, yaitu Islam. Karena itu, materi pendidikannya tidak jauh dari nilai-nilai ajaran Islam dan persoalan lain yang menjadi kebutuhan masyarakat Islam saat itu (Hisyam Nasyabe,1989: 6). 

Pada periode Makkah, Nabi saw. sebenarnya telah memulai aktivitas pendidikan, tetapi masih bersifat terbatas dan sembunyi-sembunyi. Kegiatan pendidikan diselenggarakan di rumah-rumah sahabat, yang paling terkenal adalah Dar al-Arqam sebagai derivasi langsung dari nama seorang sahabat pemilik rumah yang dijadikan tempat pembelajaran antara Rasulullah saw.. dan umat Islam. Setelah Rasulullah saw. hijrah ke Madinah, pendidikan Islam dapat dijalankan secara leluasa, sistematis, dan terstruktur dengan mendirikan beberapa lembaga pendidikan Islam. Langkah pertama yang dilakukan Rasulullah saw. adalah mendirikan masjid sebagai sentral tempat ibadah dan mengatur kehidupan umat Islam dengan petunjuk ajaran Islam. Masjid, disamping sebagai tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat pendidikan untuk mengajarkan ilmu-ilmu keagamaan. Bagi anak-anak Islam, Rasulullah saw. mendirikan kuttab sebagai pusat pendidikan dalam hal membaca dan menulis (Ruswan Tyoib, 1998: 56). Secara teknis, proses pendidikan pada periode ini tidak hanya dilaksanakan oleh umat Islam, tetapi juga oleh tawanan perang yang belum masuk Islam. Dengan kemampuan membaca dan menulis yang mereka miliki, diberikan tanggung jawab oleh Rasulullah saw. untuk melaksanakan pendidikan bagi anak-anak muslim sebagai tebusan pembebasan atas status mereka sebagai tawanan perang (K. Ali, 1980: 79). 

Setelah Rasulullah saw. wafat, pendidikan Islam yang dirintisnya tidak berhenti, sebaliknya mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik pada aspek kurikulum maupun lembaga pendidikannya. Kondisi ini disebabkan, karena masyarakat Islam mengalami perkembangan yang semakin kompleks, baik dari sisi jumlah pemeluknya yang semakin bertambah maupun dari kondisi wilayah kekuasaan Islam yang semakin luas. Dengan demikian, kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat, terutama yang terkait dengan proses penyebaran ajaran agama Islam (Zuhairini1997: 28-29). Pada masa Khulafaur Rasyidin, selain melanjutkan pendidikan Islam yang diwariskan oleh Rasulullah saw., terdapat sejumlah cabang ilmu pengetahuan keagamaan yang berkembang, yaitu tafsir, hadis, dan fiqih. Dalam bidang ilmu pengetahuan umum, mulai diperkenalkan ilmu bahasa, puisi, filsafat, logika, ilmu berenang, berkuda, dan memanah. Pusat pendidikan Islam pada masa ini tidak berbeda dengan masa Rasulullah saw., yaitu masjid. Guru yang mengajar di halaqah-halaqah masjid ditunjuk langsung secara formal oleh khalifah sebagaimana yang pernah dilakukan oleh sahabat Umar bin Khattab (Ruswan Tyoib, 1998:. 57-58). Kemudian, pada masa pemerintahan dinasti Umayyah, terdapat penambahan sejumlah ilmu pengetahuan yang dikembangkan dalam pendidikan Islam. Misalnya; ilmu tata bahasa Arab, sejarah, dan geografi. Dalam teknis pelaksanaannya, khalifah mulai menunjuk seorang guru khusus untuk mengajar anak-anak di sebuah keluarga muslim.

Pengembangan keilmuan mulai dilakukan melalui proses penerjemahan buku-buku kedokteran dan ilmu kimia dari Yunani ke dalam bahasa Arab (K. Ali, 1980, h. 221-223). Pada masa akhir dinasti Umayyah, tepatnya pada tahun 707 M, di Damaskus telah didirikan sebuah rumah sakit sebagai tempat pengobatan dan difungsikan juga sebagai tempat pendidikan kesehatan. Selain itu, mulai didirikan lembaga pendidikan peradilan, tetapi khusus untuk kalangan istana dan anak pangeran (Ruswan Tyoib, 1998: 59). Pada masa Abbasiyah, pendidikan Islam mencapai puncak kemajuannya dalam segala bidang keilmuan, baik ilmu agama maupun umum. Kegiatan keilmuan pendidikan Islam yang meliputi penggalian, observasi, dan penerjemahan karya ilmiah menjadi tradisi dan budaya yang mengkristal di kalangan umat Islam. Pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap proses pendidikan Islam, baik pada pelaksanaannya maupun penyediaan dana. Karena itu, pendidikan dapat berlangsung di berbagai tempat, seperti; rumah pribadi, istana, toko-toko buku, masjid, maktab, bait al-hikmah, perpustakaan, dan yang monumental adalah munculnya madrasah (K. Ali, 1980: 299-300). Masa Abbasiyah manjadi saksi transfer ilmu pengetahuan yang luas biasa banyaknya ke dunia Islam melalui proses penerjemahan dan bergabungnya ilmuwan non Islam ke dalam masyarakat Islam. Dalam ilmu keislaman, terjadi transformasi hukum Islam, perkembangan tradisi filsafat Islam, dan munculnya konsesus ulama dalam bidang ilmu hadis (Ruswan Tyoib, 1998: 60).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipologi Lembaga Pendidikan Islam. Bagian 1"

Post a Comment