Percayakah, Uang Bisa Hilang Jika Ditabung?

Percayakah, Uang Bisa Hilang Jika Ditabung?

Tahukah anda?
Jika Anda menabung Rp. 500 ribu di bank,
Dan dibiarkan saja, maka dalam jangka waktu 4 tahun uang itu akan hilang?

Menabung dengan cara tradisional, dengan menitipkan dengan sejumlah uang ke bank, ternyata terbukti mengandung banyak kerugian. Sistem dan aturan main tabungan bank bisa menggerogoti nilai tabungan nilai.
Setelah krisis moneter 1998, bank-bank negeri ini menggeser penghasilan utamanya dari bunga ke fee based income.


Dulu bank mengandalkan penghasilan dari bunga atas kredit (pinjaman) yang mereka berikan, kini selain penghasilan dari bunga kredit, bank memaksimalkan pendapatan dari pengelolaan rekening, serta jasa transfer yang bisa dikutip langsung dari nasabah. Pada saldo tertentu, tabungan kita di bank tidak menghasilkan apa-apa. Bagi hasilnya nol.

Saat ini, pada banyak bank, jika saldo di bawah Rp. 1 juta maka bunganya nol. Artinya jika kita menyimpan Rp. 500 ribu di bank, lalu kita diamkan, maka 4 tahun ke depan uang kita akan menjadi nol. Kenapa? Arena tiap bulan kita dikenakan biaya administrasi Rp. 10.000/bulan dan tidak ada bunga. Jadi sudah tidak tepat lagi kalau dikatakan menabung di bank menguntungkan.

Jika disimpan dalam deposito, mungkin lebih menjanjikan bunga/bagi hasilnya. Tapi deposito membuat uang kita terikat tidak bisa dipakai setiap saat.

Selain tergerus karena biaya-biaya di atas, bunga/bagi hasil tabungan dan deposito tak mampu mengejar inflasi. Sekali lagi kita harus menanggung akibatnya. ‘dirampok’ diam-diam oleh inflasi. Maksimal bunga deposito adalah 8%. Sementara tabungan di bawah bunga deposito, harus melawan inflasi hingga 5%-10% per tahunnya. Kompetisi yang tidak adil.

Bandingkan dengan emas yang memberikan tingkat hasil hingga 25% rata-rata pertahun, dengan minimal 20%. Seandainya Rp. 500 ribu tersebut digunakan untuk membeli emas atau ditunggu hingga mencukupi membeli dinar senilai  Rp. 1,5 juta, maka nilainya akan meningkat setiap tahun.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Percayakah, Uang Bisa Hilang Jika Ditabung?"