Pemanfaatan Teknologi Informasi yang Efektif Dalam Pembelajaran

Kemajuan TI dewasa ini dan pada masa yang akan datang semakin luas, pada era globalisasi saat ini ada kecenderungan kuat terjadinya proses universalisasi yang melanda seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali dalam bidang penerbitan, pemberitaan dan perpustakan. Hal ini memberikan manfaat besar bagi perkembangan dunia jurnalistik sampai  munculnya media online yang di dalamnya memuat berbagai macam tulisan baik itu dalam bentuk artikel, berita, tulisan ilmiah maupun buku dalam format elektronik.

Teknologi canggih dikenal sebelum  sumber belajar awalnya dimulai dari sumber belajar pra-guru, yakni sumber belajar yang belum mengandalkan tenaga guru dalam proses belajarnya, kemudian setelah itu muncullah guru sumber belajar utama dalam proses belajar mengajar, memberikan pengajaran dalam proses belajar yang sudah berkompeten dalam menangani kegiatan belajar mengajar, dengan adanya guru sebagai sumber belajar utama tidak cukup optimal tanpa sebuah alat bantu sumber belajar yang lain, maka guru membutuhkan sebuah alat bantu berupa buku atau media cetak lainnya untuk mensukseskan proses pembelajaran. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju dalam hal teknologi seperti saat ini, proses belajar tak lagi mengandalkan guru, media cetak atau sumber belajar lainnya. Kini teknologi informasi yang semakin canggih mampu membantu segala kegiatan manusia termasuk dalam proses belajar mengajar.

Media online dapat di manfaatkan sebagai sumber belajar yang mengondisikan peserta didik untuk belajar secara mandiri, begitu juga peserta didik dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai pristiwa sejarah, biografi, rekaman laporan. Peserta didik dapat berperan juga sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis. Dan tidak hannya berperan sebagai konsumen informasi saja. Melainkan mereka menganalisis informasi yang releven dengan tujuan pembelajaran.  manfaat dari media online berdampak baik bagi mereka karena media online adalah salah satu sumber belajar untuk mereka mengerjakan tugas sekolah, yang diberikan oleh guru.

Pemanfaatan media online sebagai salah satu sumber belajar bagi guru dan peserta didik juga tidak perlu hadir secara fisik di kelas karena peserta didik dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah di tetapkan secara online. Peserta didik juga dapat belajar bekerja sama (collaborative) satu sama lain. Dan mereka dapat saling mengirim e-mail untuk mendiskusikan bahan ajar.

Begitu juga halnya dengan guru, guru mengenal media online, walaupun guru tidak sepenuhnya menggunakan media online ini dengan secara intensif, guru terkadang memberikan tugas dan siswa mengirimkannya lewat e-mail, seorang guru mengatakan pada zaman sekarang ini tidak mungkin tidak menggunakan yang namanya media online,  lewat handphone pun bisa di akses dan begitu juga di sekolah  menyediakan fasilitas free hotspot wifi, meskipun wifi itu tidak sepenuhnya di bebaskan untuk siswa.

Pemanfaatan media online (internet) sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:
  • Di mungkinkan terjadinya distribusi pendidikan kesemua daerah tanpa mengenal batas geografis.
  • Proses belajar biasa di lakukan di mana saja karena tidak membutuhkan ruang kelas.
  • Proses pembelajaran tidak di batasi oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.
  • Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing peserta didik.
  • Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.
  • Pembelajaran dapat di lakukan secara interaktif sehngga menarik peserta didik dan memungkinkan pihak yang berkepentingan pihak yang berkepentingan (wali murid maupun guru) dapat turut serta menyukseskan program pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang di kerjakan peserta didik secara online.[1]
[1]Novan ardi wiyani & bernawi. ilmu pendidikan islam (Jogjakarta:ar-ruzz media,2012), hlm 206-207

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Teknologi Informasi yang Efektif Dalam Pembelajaran"

Post a Comment